Thursday, January 24, 2013

Water Pump Radiator

Fungsi Water Pump untuk mensirkulasikan air pendingin atau coolant mesin atau mensirkulasikan air radiator. Cara kerja water pump adalah dengan berputar mengikuti putaran mesin yang disambungkan oleh sebuah belt ke alternator dari puli crankshaft atau poros mesin.



Posisi tempatnya waterpump

Waterpump digerakkan oleh belt, yang dirangkaikan ke alternator dan ngikut ke puly crankshaft atau poros putaran mesin.

Waterpump merek GMB - Japan
Suara kasar. 

Beberapa masalah yang terjadi pada water pump adalah terdengar bunyi kasar pada mesin yang berasal dari kerusakan bearing / lahar water pump.

Untuk memastikan bunyi tersebut dari water pump, adalah dengan cara melepas belt yang ada di puli water pump .
kemudian periksa putaran puli water pump tersebut dengan tangan. 
Jika pada puli water pump terasa oblak, bisa dipastikan bunyi kasar mesin berasal dari water pump. 

Cara lain jika pada puli water pump tidak terasa oblak atau kocak, adalah dengan memutar pelan-pelan puli water pump, jika terasa putaran puli water pump tidak lancar atau terasa tersendat saat di putar pelan dengan tangan, maka water pump sudah waktunya untuk di ganti.
Karena putaran puli water pump yang terasa tersendat saat di putar dengan tangan adalah penyebab timbulnya bunyi yang terdengar dari mesin. 

Water Pump bocor. 

Problem atau masalah lain pada water pump adalah terjadinya kebocoran air pendingin mesin atau air radiator dari water pump.
Kebocoran pada water pump ini bisa terlihat dari air menetes dari mesin mobil dan berada di sebelah kanan mesin .Dan tentu saja kebocoran air radiator lewat water pump ini akan menyebabkan air radiator berkurang dan perlu untuk ganti water pump dengan yang baru. 
Keberadaan water pump (pompa air) begitu penting untuk sistem pendinginan. Dengan adanya peranti ini, memungkinkan sirkulasi air berjalan dengan baik di mesin. Maka jika komponen ini bermasalah, besar kemungkinan mesin overheat.

Masalah paling banyak ditemui yakni bearing dan bilahnya mengalami karat yang akhirnya menjadi keropos. Jika sudah demikian, besar kemungkinan akan terjadi kebocoran. 
Rembesnya air dari water pump ini tak boleh terjadi. "Kalau sudah bermasalah sebaiknya ganti dengan yang baru dan sudah teruji mutunya," ungkap Loqy, panggilan Nazly. Dalam suatu saat, water pump pasti mengalami karat dan keropos, sebab terus menerus dialiri air. Namun umurnya akan semakin pendek jika air yang melewatinya memiliki kualitas yang kurang baik. 
Menjaga supaya water pump berumur panjang, Loqy menyarankan untuk rajin menguras air radiator. "Paling tidak cek setiap 10 ribu kilometer dan kuras setiap 20 ribu," sebutnya. 

Selain water pump yang diputar oleh puli dan belt, ada juga yang mengandalkan elektrikal. Biasanya memiliki debit air yang lebih banyak dan kencang. Namun untuk mobil harian, tidak perlu model elektrik. Komponen ini banyak dipakai oleh mobil balap yang sudah mengalami ubahan ekstrem.


http://forum.solusisahabat.com -- http://daihatsucharadeg10.blogspot.com


Water Pump Classy