Sejarah Charade


Generasi pertama (G10) muncul pada bulan Oktober 1977. Itu adalah sebuah front-engined front-wheel drive mobil, tersedia sebagai tiga atau lima pintu hatchback , didukung oleh 993 cc 3-silinder mesin (CB20) dengan 50 PS (37 kW). Mobil pasar Jepang mengklaim 55 PS (40 kW) JIS di 5.500 rpm. [ 1 ] Versi tiga pintu ("Runabout") menerima dua putaran kecil "opera jendela" di C-pilar.
G10 awal (Seri 1) memiliki lampu bulat dan G10 akhir (Seri 2) memiliki lampu persegi. Seri 2 diperkenalkan untuk 1981. Antara pengenalan pada tahun 1977 dan Desember 1982, Daihatsu charade G10/G20 dibangun 89.792 jenis. [ 2 ]


Facelifted Daihatsu Charade G20 (850)


Daihatsu Charade G20 facelifted (850)

Para Charade Daihatsu sangat populer di Chiledan beberapa negara Amerika Latin lainnya selama tahun 1970-an dan 1980-an. Awalnya sama seperti di seluruh dunia, kemudian charade Chili (disebut G20) datang dilengkapi dengan versi 843 cc downsleeved (CD) dari tiga-silinder Daihatsu. Mesin ini menghasilkan 41 PS (30 kW) pada 5.500 rpm dan juga muncul dalam versi ekspor dari Daihatsu Hijet . [ 3 ] G20 juga mampu berjalan pada bahan bakar beroktan rendah atau bahkan Etanol. [ 4 ] Versi pertama G20 (1978-1981) memiliki lampu bulat, sedangkan generasi kedua G20 (dijual 1981-1984) menerima facelift yang sama seperti G10, yang berarti lampu persegi dan lampu belakang yang sedikit berbeda. Tiga-pintu "Runabout" mempertahankan 1.000 cc yang lebih besar CB20 mesin, dan juga menerima transmisi lima kecepatan dan tachometer.

Generasi kedua (G11)  dirilis pada tahun 1983, kembali sebagai 3 - atau 5-pintu hatchback . Ini menampilkan beberapa variasi dari mesin L 3-silinder 1.0, termasuk versi turbocharged dengan 68 PS JIS dan diesel dan turbo-diesel versi.Sebuah lima kecepatan transmisi manual yang tersedia. Dasar charade menerima silinder, naturally aspirated tiga, 993 cc mesin CB23 dengan sekitar 50-55 PS. 0-60 mph membutuhkan waktu sekitar 12-13 detik. Yang lainnya Charade Charade Turbo dan DeTomaso model memiliki mesin CB23 upgrade, yang disebut CB60. CB60 itu juga 993 cc, tetapi dilengkapi dengan turbocharger IHI sangat kecil, yang meningkatkan kekuatannya untuk 68 PS (50 kW). Turbocharger intercooler kecil berarti bahwa suatu itu tidak perlu. Suspensi ringan ditingkatkan, dengan tebal anti-roll bar dan suspensi sedikit kaku, dan mobil juga menerima velg daripada item baja standar. [ 5 ]


1985–1987 Daihatsu Charade (G11) CX 5-door hatchback


1985–1987 Daihatsu Charade (G11) CX 5-door hatchback

Ada juga versi beratap tinggi tersedia di beberapa pasar, baik dengan tiga atau lima pintu bodywork. Pasar Jepang "Van" versi juga menerima atap yang lebih tinggi. Di Chili (dan beberapa negara Amerika Latin lainnya) generasi ini disebut G21, G20 dan seperti sebelumnya, itu dilengkapi dengan CD-seri yang lebih kecil 41 PS (30 kW) 843 cc tiga silinder. [ 6 ] Para G21 dijual antara 1986 dan 1990 sekitar.

Para G11 ini diproduksi dengan dua front, dengan lampu persegi (Seri 1) dan "mata kucing" persegi panjang berbentuk lampu (Seri 2). DiEropa , bagian bawah bodi G11 dan berbagai mesin dan transmisi juga membentuk dasar untuk Minitre Innocenti setelah Innocenti 's kontrak dengan British Leyland berakhir. Para G11 dasar-dasar terus digunakan oleh produsen mobil Italia sampai 1992.
Pada tahun 1985, pada acara Tokyo, Daihatsu memperkenalkan 926R , sebuah prototipe dari mesin menengah Charade, yang dikembangkan bersama-sama dengan DeTomaso dan dirancang untuk mengambil bagian dalam World Rally Championship untuk mobil di bawah 1.300 cc. 926R itu pertengahan-mount 926 cc dua belas katup, twin-cam, turbocharged tiga silinder ("CE") - memindahkan roda belakang melalui transmisi manual lima kecepatan dan memberikan 120 PS (88 kW). Para 926R beratnya 800 kg dan memiliki fender yang lebih luas untuk menutupi 205/225 15 "roda Namun, setelah crash signifikan di Kejuaraan 1985,.Grup B adalah dilarang dan proyek 926R dibatalkan.

Generasi ketiga dari Daihatsu Charade (G100) debutnya pada tahun 1987. Dengan gaya oleh Daihatsu kepala stylist Hiroshi Aoki dan kolega Hideyuki Ueda ,[ 7 ] itu awalnya dikirim dengan 1,0 L carburetted mesin tiga silinder (CB23), juga tersedia sebagai diesel dan turbodiesel, atau dengan 1,3 L empat silinder dengan single karburator (HC-C). Entah bodystyles hatchback tiga pintu atau lima pintu awalnya ditawarkan. Sebuah 1.0 L twin-cam turbo injeksi bahan bakar Intercooler (CB70/CB80), bernama GTti dan memberikan 105 PSJIS (77 kW) kemudian ditambahkan, hanya tersedia sebagai menetas tiga pintu. Bahan Bakar disuntikkan versi 1,3 L empat silinder (HC-E) dan tiga silinder (CB90) kemudian ditambahkan.Sebuah sedan empat pintu dirilis dengan mesin 1,3 L EFI pada tahun 1988. Ada dua model olahraga yang berbeda yang tersedia (baik dengan G100S-FMVZ modelcodes), yang GTti dan GTxx tersebut. Kedua versi mekanis identik, tetapi GTxx fitur banyak item mewah ditambahkan.Ini termasuk bodykit penuh, ringan 14 "speedline paduan, Air-con, power steering, satu sentuhan listrik bawah jendela, sunroof listrik. Beberapa pilihan juga tersedia untuk membeli sebagai tambahan opsional pada GTti, Side-rok juga dilengkapi untuk itu banyak GTti, tetapi di beberapa negara mereka Ony dijual sebagai tambahan opsional dealer.


Daihatsu Charade 1988-1991 (G100) TS 3-pintu 


1991–1993 Daihatsu Charade (G102) CX 5-door 


1988–1991 Daihatsu Charade (G100) TS 3-door


1991–1993 Daihatsu Charade (G102) SG Getaway Pack sedan

GTxx ini lebih jarang daripada GTti, terutama yang dijual di Jepang saja, meskipun beberapa diimpor dan dijual di negara lain dalam jumlah kecil. Semua itu GTxx memiliki kode mesin CB70, sedangkan GTti dapat memiliki CB80 CB70 atau, tergantung pada negara / wilayah yang dijual.Tidak ada perbedaan dikenal dengan internal mesin yang sebenarnya, semua sistem katalis CB70s menampilkan kontrol emisi. Bahkan beberapa CB80 untuk Eropa juga menampilkan katalis, meskipun Inggris tidak mobil. Ada lebih dari kemungkinan sedikit perbedaan antara pemetaan CB70 CB80 ECU dan, dengan mobil CB70 dikutip menghasilkan 105 PS vs 100 yang CB80 PS (74 kW). Ini mungkin ke CB70 memiliki waktu pengapian lebih maju dipetakan sesuai dengan bahan bakar beroktan tinggi yang digunakan di Jepang.
Sebuah facelift sedikit pada tahun 1991 memberi lampu belakang mobil gaya halus / panel reflektor, tailgate spoiler sedikit lebih panjang atas, dan interior trim direvisi dengan kain juga pada kartu pintu. Ada juga empat-wheel drive versi bahan bakar menyuntikkan 1,3 (90 PS/66 kW HC-E mesin, sasis G112 kode) yang dijual di rumah dan juga diekspor ke beberapa negara misalnya di Skandinavia.
Di Inggris, GTti memiliki karir reli cukup sukses bersaing di RAC Rally Lombard pada tahun 1989 dan 1990 dan sangat kompetitif di Reli Safari. Para GTti memenangkan penghargaan kelas berkali-kali dan bisa mencampurnya dengan beberapa liter 2 mobil dan pada kesempatan mengganggu beberapa mobil 4wd!
Mobil generasi ketiga yang dijual di Amerika Serikat untuk hanya empat tahun, dari 1988 hingga 1992. Mobil dijual buruk, meskipun konstruksi "sebagai ketat sebagai baut kepala beku" [ 7 ] dan styling untuk segmen pasar, yang menarik [ 8 ] mungkin karena harga yang tinggi, beberapa dealer, kasar menjalankan tiga-silinder, [ 7 ] rendah kinerja (0-60 mph/97 km / jam dalam 15 detik), [ 7 ] dan penerjemahan disayangkan dari nama Charade ke dalam bahasa Inggris, dan perusahaan menarik diri secara permanen dari pasar AS. Penjualan untuk tahun 1989 adalah 15.118. Hanya tiga pintu hatchback dan sedan empat pintu yang tersedia. Amerika Utara Charade muncul dalam tiga trim level yang berbeda sampai 1989; CES (Base model), CLS, dan CLX. CES datang dengan, bhp 53 1.0L tiga silinder, mesin EFI disebut CB-90. Dua lainnya varian yang tersedia dengan standar CB-90 atau 1,3 L lebih kuat empat silinder EFI "HC-E" mesin. Pada tahun 1990, trim level dikurangi menjadi hanya dua, SE (basis), dan SX lebih mewah. Semua model yang tersedia dengan gearbox manual lima-speed atau transmisi otomatis.
Di Australia pasar, GTti tidak tersedia dan bensin turbocharged digunakan Charade mesin karburator lebih rendah bertenaga (CB60/61) dari generasi sebelumnya. [ 5 ] Namun, cukup beberapa GTti itu & itu GTxx telah diimpor dari Jepang dan sehingga memiliki berikut yang baik.
Para Charade G100 telah dibangun oleh Tianjin FAW sebagai Xiali Tianjin sejak tahun 1988, menggantikan produksi CKD singkat dari model generasi sebelumnya ada. Versi berat facelifted dengan lebih mesin Toyota modern masih tersedia, serta versi disalin seperti Huali dan berbagai Geely produk seperti Haoqing dan turunannya.