Friday, July 13, 2012

DIY : Cara Mengetahui Top Mesin atauTop Dead Center ( TDC ) pada Charade 3Cyl ( G100 - CX )


Top Mesin / TDC (Top Dead Center) adalah salah satu cara standart untuk melakukan penyetelan mesin, pembongkaran/overhoul, tune up atau penggantian timing belt. Dengan mengetahui titik mati atas piston di harapkan akan mudah dalam proses perakitan kembali mesin mobil. 

Pada saat melepas Delco Charade CX ,saya tidak mengalami kesulitan begitu juga ketika memasangkan nya kembali berbeda dengan Charade G102 /Winner / Classy , akan tetapi pada saat mesin saya hidupkan tidak mau hidup seperti tidak ada pengapian , sempat bingung bahkan hampir saja meminta bantuan montir di bengkel deket rumah , akhirnya setelah sharing dan konsultasi dengan beberapa Rekan diantaranya yaitu Om Feriko dari Bekasi ternyata pada saat pemasangan delco seharusnya di tentukan dulu Top Dead Center atau Top Mesin , dengan begitu pengapian akan sesuai dan mesin hidup kembali . setelah melalui panduan dan masukan dari Om Feriko mesin berhasil di hodupkan , berikut cara yang sudah saya lakukan dalam menentukan Top Mesin utk Charage CX ( 3 Cyl )

Buka Baut Rumah Saringan Udara 


Buka baut Tutup Cyl Head 
Lepas kabel busi pada delco 


Lepaskan tutup Delco 
Lepaskan delco dari block mesin 


Putar Vulley Crankshaft menggunakan kunci 17 sampai posisi tanda pada gear bertemu tanda pada tutup timing belt 


Terlihat Tanda pada Gear dan Tanda pada tutup timing 



Arahkan as delco pada busi no 1 (seperti pada gambar ) 


posisi as delco seperti terlihat dan masukan delco ke block mesin

Setelah selesai ulangi langkah diatas secara terbalik , dan hidupkan mesin tinggal Anda melakukan penyetelan Na Voor delco atau tandaia sebelum anda melepas delco

Semoga bermanfaat


Januar Rahman 

C2W 001