Monday, October 3, 2011

Resistor




Digambar ini tertulis Ballast Resistor. Untuk menjaga agar koil tidak panas maka pada kontak ada kabel sambungan lain ke koil bertanda + plus. Ketika kontak on arus melewati resistor. Tetapi waktu star arus langsung ke koil, supaya arus lebih besar. Nah waktu jalan kontak pada posisi on, maka arus dari aki melewati resistor - http://bengkelgratis.com




Balast resistor atau yang dalam bahasa awamnya wheatstone atau restan dan lain2 yaitu berbentuk resistor besar yang terbungkus batu keramik putih terletak diatas resistor. fungsi dari ballast resistor ini adalah penurun tegangan yang masuk ke koil pada saat kendaraan sudah pada kondisi nyala dan berjalan sehingga input ke koil tidak mencapai 12V. hal ini berguna agar koil kita tidak cepat panas dan juga platina tidak cepat gosong. Namun ballast resistor ini tidak digunakan pada saat start pertama. untuk start pertama dibutuhkan api koil yang cukup besar agar dapat membakar campuran bahan bakar dan udara yang masih dingin dan juga pelumasan mesin yang belum sempurna. jadi pada saat starter koil mendapatkan input langsung dari accu sebesar 12V.
untuk jenis jenis koil modern ballast resitor tersebut telah terintegrasi kedalam koil sehingga terletak didalam koil itu. built in internal resistor.