Seputar masalah getar

Untuk menjadi panduan rekan-rekan seputar getar pada mobil Daihatsu Classy/Winner, analisanya sebagai berikut:


1. Getar ketika stationer atau langsam dan juga ketika pedal kopling diangkat sesaat dilepas kemudian getar. Ini disebabkan engine mounting.
Untuk engine mounting ada tiga buah. Bila getarannya parah, posisi engine mounting yang perlu diperiksa terletak di dinding firewall (dibawah saringan bensin). Harga parts sebagai referensi sekitar 425rb (2010),
Memilih EM ( enjin mounting ) lihat ( EM di firewall )....yang ORI dan yang bukan ( SPECIA ).......klu ORI ada tanda seperti gambar di atas (dispidolin persegi empat)......sedang yang nggak ada biasanya kurang baik die castnya.. tetapi silahkan  kalau bujetnya mepet.
Posisi kedua yang perlu penggantian berada di dekat tutup timming belt. Harga part 280rb (2010. Harga tersebut adalah harga ORI. Untuk mengeceknya dapat menggunakan foto/kamera.


2. Getar ketika direm. Bisa disebabkan rotor disc. Coba cek rotor disc depan atau drum disk dibelakang. Bila ditemukan baret atau bergelombang bisa dengan
- Bubut: setelah bubut ketebalan tidak boleh kurang dari 8mm.
- atau ganti. Kalau rotor dic depan sepasang bisa menggunakan machtech 400rb (kanan dan kiri). Untuk yang belakang, belakang @350rb.

3. Getar dikecepatan tertentu misalnya 80km/jam diatas dan dibawah kecepatan tersebut tidak masalah. Ini disebabkan oleh centre pada lingkaran ban, roda mesti di balancing. bisa dilakukan di kebengkel ban yang menyediakan peralatan balancing. Biaya jasa sekitar @25rb/roda (2010)

Semoga berguna

Salam 
Ilham