Friday, April 1, 2011

CAI ( Cold Air Induction )


Apa fungsi OCT? 

Fungsi utama OCT adalah menangkap uap oli yang terhisap oleh saluran manipol masuk kedalam ruang bakar, sehingga udara yang dihisap oleh mesin didalam ruang bakar benar-benar bersih tidak tercampur oleh uap minyak oli mesin, sehingga dapat menekan polusi gas buang sekaligus menyempurnakan pembakaran di ruang bakar mesin.

Menangkap Uap Oli

Kenapa Uap Oli Harus Ditangkap ? Pada saat mesin mencapai suhu kerja sekitar 80-90 derajat celcius, ruang oli mesin mendapatkan tekanan dan panas yang tinggi, sehingga oli mesin menguap dan dihisap oleh saluran masuk melalui sebuah saluran PCV. Pada kondisi tertentu keadaan ini tidak ada masalah, namun dalam kurun waktu yang akan datang kondisi ini akan membuat saluran masuk bahan bakar menjadi cepat kotor, dan polusi gas buang yang dihasilkan pun relatif agak tinggi kadar CO2 karena ada zat uap oli yang ikut terbakar.

Fakta Oli Berkurang Karena Penguapan

Fakta yang belum banyak orang tahu adalah, ".....oli mesin mobil akan berkurang seperempat hingga setengah liter sebelum penggantian oli mesin berikutnya..." dan hal ini terjadi pada hampir setiap mobil baik mobil baru atau mobil lama. Penguapan memang harus terjadi karena memang ada proses pembakaran didalam mesin, penguapan akan mudah terjadi bila menggunakan oli yang lebih encer atau menggunakan oli dari jenis sintetik, jadi jangan heran bila oli mobil akan berkurang dalam kurun waktu tertentu.

OCT Meningkatkan Performa Mesin

Kesempurnaan pembakaran didalam mesin akan didapatkan bila udara yang masuk kedalam ruang bakar bersih dan murni. OCT akan memisahkan uap oli dengan udara sehingga hanya udara saja yang masuk kedalam saluran manipol ruang bakar dan uap oli akan tertinggal di OCT, yang pada akhirnya juga akan menyempurnakan dan memaksimalkan pembakaran sekaligus meningkatkan tenaga secara langsung.

Fungsi CAI 

Fungsi CAI adalah menutupi kelemahan pada putaran bawah pada kendaraan kita. seperti kita ketahui bersama, Kendaraan kita sangat lemah di rpm bawah (1000 - 3000), dengan adanya CAI ini, pada rpm bawah akan terasa lebih berisi. Sedangkan pada rpm atas efeknya sama dengan tidak adanya CAI.
 Versi Standard

Penambahan OCT 

Penambahan Filter Bensin 


Selang PU 6mm 1,5 m Rp.4.500
Y PU 6mm Rp.10.000
Shock PU Rp.15.000
Silincer pasir Rp.15.000
Air Filter Wipro ( OCT ) Rp.55.000
Neple PU Rp. 15.000
Neple KQL Rp. 20.000
Isolatip Rp.2.000
Sock 1/4 Rp.7.500
( Harga Solo by Danang Iftian )

By Wayan Wardhana - Ilham M - d'Janoear