Saturday, April 16, 2016

Modifikasi tachometer




 
 
 

Mengganti tachometer Ori yang tidak bisa di perbaiki dengan tachometer variasi motor

Ada 5 kabel yang keluar dari alat tersebut, yang 2 ( merah hitam) untuk lampu dan yang 3 (kuning, hitam, hijau) untuk tachometer

Pertimbangan kenapa menggunakan tachometer motor :
Karena jelas harga lebih murah dari tachometer mobil variasi , lagian kan ini tujuannya mau diambil komponen dalemnya doang , untuk kmudian dimasukkan ke rumah tachometer yang asli (ganti daleman, tampilan tetep ORI).
Kedua sayang jika tachometer mobil variasi di oprek,,kan tinggal pasang aja tampilan di dashboard jadi lebih sporty..hehe

Langkah Kerja :
Buka cover tachometer motor....>>>>>
Beli yang ukuran kecil ya...yang kira2 bisa masuk ke rumah tachometer yang asli.
 


 Sebelum di pasang ke rumah tachometer mobil charade, ada 2 hal penting yang harus dilakukan yaitu :
-penyambungan kabel tachometer sehingga bisa memutar jarumnya.
ada 3 kabel yang harus disambung ke pcb tachometer ori. Dalam hal ini trial error, karena tidak ada petunjuk. Biasanya warna kuning untuk arus positif, hitam ground, hijau ke coil (P). Kalau tidak cocok jarum tidak bergerak, bisa di coba dengan membuat tabel kemungkinan sbb,
 
 
Ket : tanda silang untuk percobaan yang salah sampai ditemukan yang benar jarum tachometer bergerak kemudian diberi tanda OK.
-kalibrasi tachometer agar akurat hasil ukurannya. Hal ini dikarenakan tachometer motor diperuntukkan untuk mesin 1 silinder, sedangkan mobil lebih dari 1 silinder, tapi tidak menutup kemungkinan tanpa kalibrasi juga sudah akurat.                                                                       

Untuk kalibrasi diputar2 sampai jarum tachometer menunjukkan putaran mesin sesuai dgn yang asli 
( ada yang tanpa kalibrasi sudah sesuai )
 



Setelah pasti dan akurat bisa dipasang..
-buka pcb spedometer belakang utk membuat lubang baut sbg pegangan komponen tachometer yang baru. tentunya sudah disesuaikan sedemikan rupa akan pas masuk di lobang jarum penunjuk tachometer untuk dibagian depan odometer 


- sambungkan kabel tachometer ke pcb dengan disolder sesuai yang telah ditentukan ( + , --, P )
 
 


- Kemudian tutup kembali bagian depan tachometer .





Sumber referensi  >> http://maruzar.blogspot.co.id/2014/05/cara-menyambung-kabel-rpm-meter.html
dibuat oleh C2W-787 Teguh Susilo - Malang
Edit oleh C2W 001