Tuesday, February 19, 2013

MASALAH MASALAH MESIN MOBIL



Bunyi tik tik tik pada mesin 
  • Setelan klep (valve) yang tidak tepat (terlalu renggang)
  • Lobes pada CamShaft sudah ada yang rusak
  • Rocker Arm bermasalAH-Pemakaian oli yang tidak tepat / tidak cocok 

Lampu OIL Pressure menyala saat mesin hidup:· 
  • Jumlah oli pada mesin kurang, atau oli tidak cocok.· 
  • Sensor tekanan oli bermasalah· 
  • Pompa oli bermasalah· 
  • Panas yang berlebihan di dalam mesin· 
  • Katup Oil Pressure Relief rusak· 
  • Filter Oli bermasalah· 
  • Saringan oli pada ruang karter kotor/mampet.

Mesin tidak dapat berputar ketika dicoba dihidupkan:· 
  • Terminal Accu kendur atau korosi· 
  • Tegangan Accu kurang atau accu rusak/mati· 
  • Jalur kelistrikan untuk Starter terputus· 
  • Kunci Kontak bermasalah· Motor starter bermasalah· 
  • Gigi motor starter atau FlyWheel ada yang patah· 
  • Saluran Ground/Negatif Accu ke Mesin terganggu/lepas

Terdengar suara mendesis pada mesin:· 
  • Kebocoran pada inlet manifold atau gasket throttle body· 
  • Kebocoran pada gasket Exhaust Manifold· 
  • Kebocoran selang vacuum· Kebocoran pada gasket Cylinder Head (robek/terbakar/patah)

Mesin dapat berputar, tapi tidak mau hidup:·
  • Bensin habis/kosong· Accu soak (mesin berputar sangat pelan)· 
  • Kabel Accu kendur/korosi· 
  • Komponen pengapian bermasalah· 
  • Jalur kelistrikan untuk pengapian terganggu/lepas/rusak·
  • Busi rusak atau gap busi tidak tepat· 
  • Choke bermasalah· 
  • Sistem penyaluran bahan bakar (Fuel Injection) bermasalah· 
  • Masalah mekanik (sensor kruk as rusak, timing belt putus, dll)

Mesin susah dihidupkan saat masih dingin:·
  • Accu kosong/tegangan kurang· 
  • Terminal Accu kendur / korosi· 
  • Busi rusak, setelah gap tidak tepat· 
  • Choke bermasalah· 
  • Permasalahan pada pengapian·
  • Kompresi silinder rendah· 
  • Fuel Pressure Regulator bermasalah

Mesin susah dinyalakan saat mesin panas:·
  • Filter udara kotor/mampet· 
  • Choke bermasalah· 
  • Permasalahan sistem injeksi (fuel injection)· 
  • Kompresi silinder rendah.· 

Motor starter berisik / kasar saat distarter:·
  • Gigi pinion starter/ flywheel patah.· 
  • Baut dudukan motor starter lepas atau hilang.· 
  • Komponen di dalam motor starter rusak/aus.· 

Mesin tersendat/tertahan saat akselerasi· 
  • Busi rusak/setelah gap tidak tepat· 
  • Kebocoran Vacuum di karburator, throttle body, intake manifold atau selang-selang vacuum lainnya.· 
  • Karburator bermasalah· 
  • Sistem injeksi (fuel injection) bermasalah· 

Mesin berguncang (stall):·
  • Kebocoran Vacuum di karburator, throttle body, intake manifold atauselang-selang vacuum lainnya.· 
  • Filter bensin mampet· 
  • Fuel Pump bermasalah, supply dan tekanan bensin rendah· 
  • Ventilasi tangki bensin tersumbat atau pipa/saluran bensintersumbat/terjepit·
  •  Karburator bermasalah· 
  • Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah· 

Mesin kehilangan tenaga:·
  • Pemasangan timing belt yang tidak tepat·
  • Filter bensin tersumbat/mampet· 
  • Fuel Pump bermasalah, supply dan tekanan bensin rendah· 
  • Salah satu atau beberapa silinder kompresinya rendah· 
  • Busi rusak/ gap busi tidak tepat· 
  • Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold danselang-selang vacuum lainnya.· 
  • Karburator bermasalah· 
  • Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah·
  •  Rem mengunci· Kopling slip (habis)· 

Mesin Backfire (nembak-nembak):·
  • Pemasangan Timing Belt tidak tepat· 
  • Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold danselang-selang vacuum lainnya.· 
  • Karburator bermasalah· 
  • Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah.· 
  • Sistem Pengapian bermasalah (kabel busi terbalik urutannya)· 
Mesin mau hidup, tapi kemudian mati lagi:·
  • Ada permasalahan pelistrikan pada rangkaian pengapian.· 
  • Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold danselang-selang vacuum lainnya.· 
  • Karburator bermasalah· 
  • Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah.· 

Idle/Langsam tidak rata:
  • Penyetelan idle speed yang tidak tepat.· 
  • Filter udara kotor· Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya.· 
  • Busi rusak/ gap busi tidak tepat· 
  • Salah satu atau beberapa silinder kompresinya rendah· 
  • Lobes pada CamShaft sudah ada yang rusak·
  •  Pemasangan Timing Belt tidak tepat·
  •  Karburator bermasalah· 

Mesin mengalami misfire saat idle/langsam:·
  • Busi rusak/ gap busi tidak tepat· 
  • Kabel busi bermasalah· 
  • Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold danselang-selang vacuum lainnya.· 
  • Karburator bermasalah· 
  • Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah.· 
  • Distributor Cap retak atau aus· 
  • Salah satu atau beberapa silinder kompresinya rendah· 
  • Kabel ground tidak baik/terputus· 
  • Kebocoran selang ventilasi mesin (crankcase ventilation hose)· 

Mengalami misfire sepanjang perjalanan:·
  • Filter bensin mampet/kotor·
  • Fuel Pump bermasalah, supply dan tekanan bensin rendah· 
  • Ventilasi tangki bensin tersumbat atau pipa/saluran bensintersumbat/terjepit·
  • Busi rusak/ gap busi tidak tepat· 
  • Distributor Cap retak atau aus· Kabel busi bermasalah· 
  • Salah satu atau beberapa silinder kompresinya rendah·
  • Ignition Coil bermasalah, Karburator bermasalah dan Sistem Injeksi(fuel injection)masalah