Bunyi tik tik tik pada mesin
- Setelan klep (valve) yang tidak tepat (terlalu renggang)
- Lobes pada CamShaft sudah ada yang rusak
- Rocker Arm bermasalAH-Pemakaian oli yang tidak tepat / tidak cocok
Lampu OIL Pressure menyala saat mesin hidup:·
- Jumlah oli pada mesin kurang, atau oli tidak cocok.·
- Sensor tekanan oli bermasalah·
- Pompa oli bermasalah·
- Panas yang berlebihan di dalam mesin·
- Katup Oil Pressure Relief rusak·
- Filter Oli bermasalah·
- Saringan oli pada ruang karter kotor/mampet.
Mesin tidak dapat berputar ketika dicoba dihidupkan:·
- Terminal Accu kendur atau korosi·
- Tegangan Accu kurang atau accu rusak/mati·
- Jalur kelistrikan untuk Starter terputus·
- Kunci Kontak bermasalah· Motor starter bermasalah·
- Gigi motor starter atau FlyWheel ada yang patah·
- Saluran Ground/Negatif Accu ke Mesin terganggu/lepas
Terdengar suara mendesis pada mesin:·
- Kebocoran pada inlet manifold atau gasket throttle body·
- Kebocoran pada gasket Exhaust Manifold·
- Kebocoran selang vacuum· Kebocoran pada gasket Cylinder Head (robek/terbakar/patah)
Mesin dapat berputar, tapi tidak mau hidup:·
- Bensin habis/kosong· Accu soak (mesin berputar sangat pelan)·
- Kabel Accu kendur/korosi·
- Komponen pengapian bermasalah·
- Jalur kelistrikan untuk pengapian terganggu/lepas/rusak·
- Busi rusak atau gap busi tidak tepat·
- Choke bermasalah·
- Sistem penyaluran bahan bakar (Fuel Injection) bermasalah·
- Masalah mekanik (sensor kruk as rusak, timing belt putus, dll)
Mesin susah dihidupkan saat masih dingin:·
- Accu kosong/tegangan kurang·
- Terminal Accu kendur / korosi·
- Busi rusak, setelah gap tidak tepat·
- Choke bermasalah·
- Permasalahan pada pengapian·
- Kompresi silinder rendah·
- Fuel Pressure Regulator bermasalah
Mesin susah dinyalakan saat mesin panas:·
- Filter udara kotor/mampet·
- Choke bermasalah·
- Permasalahan sistem injeksi (fuel injection)·
- Kompresi silinder rendah.·
Motor starter berisik / kasar saat distarter:·
- Gigi pinion starter/ flywheel patah.·
- Baut dudukan motor starter lepas atau hilang.·
- Komponen di dalam motor starter rusak/aus.·
Mesin tersendat/tertahan saat akselerasi·
- Busi rusak/setelah gap tidak tepat·
- Kebocoran Vacuum di karburator, throttle body, intake manifold atau selang-selang vacuum lainnya.·
- Karburator bermasalah·
- Sistem injeksi (fuel injection) bermasalah·
Mesin berguncang (stall):·
- Kebocoran Vacuum di karburator, throttle body, intake manifold atauselang-selang vacuum lainnya.·
- Filter bensin mampet·
- Fuel Pump bermasalah, supply dan tekanan bensin rendah·
- Ventilasi tangki bensin tersumbat atau pipa/saluran bensintersumbat/terjepit·
- Karburator bermasalah·
- Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah·
Mesin kehilangan tenaga:·
- Pemasangan timing belt yang tidak tepat·
- Filter bensin tersumbat/mampet·
- Fuel Pump bermasalah, supply dan tekanan bensin rendah·
- Salah satu atau beberapa silinder kompresinya rendah·
- Busi rusak/ gap busi tidak tepat·
- Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold danselang-selang vacuum lainnya.·
- Karburator bermasalah·
- Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah·
- Rem mengunci· Kopling slip (habis)·
Mesin Backfire (nembak-nembak):·
- Pemasangan Timing Belt tidak tepat·
- Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold danselang-selang vacuum lainnya.·
- Karburator bermasalah·
- Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah.·
- Sistem Pengapian bermasalah (kabel busi terbalik urutannya)·
Mesin mau hidup, tapi kemudian mati lagi:·
- Ada permasalahan pelistrikan pada rangkaian pengapian.·
- Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold danselang-selang vacuum lainnya.·
- Karburator bermasalah·
- Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah.·
Idle/Langsam tidak rata:
- Penyetelan idle speed yang tidak tepat.·
- Filter udara kotor· Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold dan selang-selang vacuum lainnya.·
- Busi rusak/ gap busi tidak tepat·
- Salah satu atau beberapa silinder kompresinya rendah·
- Lobes pada CamShaft sudah ada yang rusak·
- Pemasangan Timing Belt tidak tepat·
- Karburator bermasalah·
Mesin mengalami misfire saat idle/langsam:·
- Busi rusak/ gap busi tidak tepat·
- Kabel busi bermasalah·
- Kebocoran vacuum pada karburator, throttle body, inlet manifold danselang-selang vacuum lainnya.·
- Karburator bermasalah·
- Sistem Injeksi (fuel injection) bermasalah.·
- Distributor Cap retak atau aus·
- Salah satu atau beberapa silinder kompresinya rendah·
- Kabel ground tidak baik/terputus·
- Kebocoran selang ventilasi mesin (crankcase ventilation hose)·
Mengalami misfire sepanjang perjalanan:·
- Filter bensin mampet/kotor·
- Fuel Pump bermasalah, supply dan tekanan bensin rendah·
- Ventilasi tangki bensin tersumbat atau pipa/saluran bensintersumbat/terjepit·
- Busi rusak/ gap busi tidak tepat·
- Distributor Cap retak atau aus· Kabel busi bermasalah·
- Salah satu atau beberapa silinder kompresinya rendah·
- Ignition Coil bermasalah, Karburator bermasalah dan Sistem Injeksi(fuel injection)masalah