Saturday, February 16, 2013

Koil dan Resistor

  • Fungsi Koil







fungsi koil pada sistem pengapian kendaraan sangat sederhana, yaitu menaikkan tegangan listrik dari aki yang cuma 12 volt, menjadi ribuan volt. Arus listrik yang besar ini disalurkan ke busi, sehingga busi mampu meletikkan pijaran bunga api.

Yang biasa disebut sebagai "koil racing", adalah koil yang mampu menghasilkan tegangan listrik jauh lebih besar ketimbang koil standar. Apabila koil standar rata-rata menghasilkan tegangan antara 12 ribu hingga 15 ribu volt, maka koil racing bisa menghasilkan tegangan antara 60 ribu hingga 90 ribu volt.

Tentu saja, dengan tegangan listrik yang lebih besar itu, maka busi dapat menghasilkan pijaran api yang juga lebih besar. Hasilnya adalah pembakaran yang lebih sempurna.

Namun yang harus diingat adalah, tegangan besar bukan satu- satunya faktor penentu kualitas koil. 

Koil yang baik adalah koil yang mampu menghasilkan tegangan listrik relatif besar dan stabil pada hampir seluruh putaran mesin. Karena itu setelah menghasilkan tegangan maksimal pada putaran mesin tertentu, kurva tidak boleh menukik terlalu tajam. Kurva yang menukik terlalu banyak, menunjukkan kinerja yang buruk pada putaran (RPM) tinggi. Padahal pada RPM tinggi justru dibutuhkan pembakaran yang baik.


Gejala Kerusakan Koil : 

  • Saat putaran mesin tinggi nyendat
  • saat putaran mesin tinggi kemudian gas turun dan mesin mati ditunggu beberapa saat koil dingn mesin bisa di hidupkan

Penanganan darurat jika koil terlalu panas bisa di kompres dengan kain basah pada saat mesin dimatikan 


Harga Rp.145.000
sbr gbr : hapco-group.com/our-products/Electrical-Items/Ignition-Coil/hitachi.jpg

Harga Rp.245.000 Sbr gbr : Serayamotor.com 

Harga Rp.285.000

  • Resistor
Fungsi resistor :
Koil tanpa rersistor, nilai tahanan gulungan primer besar, sehingga membutuhkan waktu lama agar arus yang masuk ke gulungan primer mencukupi untuk pembentukan medan magnet.
Koil yang dilengkapi dengan resistor, nilai tahanan pada gulungan primer menjadi lebih kecil akibatnya arus yang masuk ke gulungan primer dapat segera mencukupi untuk pembentukan medan magnet.


Digambar ini tertulis Ballast Resistor. Untuk menjaga agar koil tidak panas maka pada kontak ada kabel sambungan lain ke koil bertanda + plus. Ketika kontak on arus melewati resistor. Tetapi waktu star arus langsung ke koil, supaya arus lebih besar. Nah waktu jalan kontak pada posisi on, maka arus dari aki melewati resistor - http://bengkelgratis.com


Balast resistor atau yang dalam bahasa awamnya wheatstone atau restan dan lain2 yaitu berbentuk resistor besar yang terbungkus batu keramik putih terletak diatas resistor. fungsi dari ballast resistor ini adalah penurun tegangan yang masuk ke koil pada saat kendaraan sudah pada kondisi nyala dan berjalan sehingga input ke koil tidak mencapai 12V. hal ini berguna agar koil kita tidak cepat panas dan juga platina tidak cepat gosong. Namun ballast resistor ini tidak digunakan pada saat start pertama. untuk start pertama dibutuhkan api koil yang cukup besar agar dapat membakar campuran bahan bakar dan udara yang masih dingin dan juga pelumasan mesin yang belum sempurna. jadi pada saat starter koil mendapatkan input langsung dari accu sebesar 12V.
untuk jenis jenis koil modern ballast resitor tersebut telah terintegrasi kedalam koil sehingga terletak didalam koil itu. built in internal resistor.


Buat yang koilnya tidak menggunakan resistor ( keramik ) sebaiknya segera di pasang karena berpengaruh pada usia pake Koil , setrum dari kontak ON ( IGN ) harus melewati Resistor , sedangkan Saat kontak STARTER ( STA ) setrum langsung menuju Plus (+) . Saat mesin sudah hidup kabel dari kontak starter sdh off sedangkan setrum dari Kontak ON ( IGN ) selalu ada setrum dan melalui Resistor sehingga Koil tidak cepat panas . Saat ini Koil saya sudah saya ganti dengan yang baru krn koil sebelumnya sdh menunjukan gejala harus diganti . saat di gas tinggi atau setelah perpindahan gigi nyendat nyendat . koil yang lama tidak menggunakan resistor begitu juga pada kasus koil classy saya yg dulu sehingga usia pakai ( lifetime ) koil menjadi lebih pendek krn menerima beban panas yg berlebih

by djanoear

sbr gbr serayamotor.com

sbr gbr serayamotor.com


Untuk setrum dari Kontak Starter harus ditambahkan Diode agar saat kontak kembali keposisi On setelah mesin hidup setrum tidak mengalir ke swicth starter dinamo