Lampu HID


Apa sih lampu HID (Hight Intensity Discharge)?

Orang awam bilang lampu HID adalah lampu yang berwarna putih dan sangat terang sekali menyilaukan pengendara dari arah depan selain itu karena watt besar juga panas bisa bikin aki tekor dan rumah lampu meleleh.

Padahal mitos ini tidak seluruhnya benar malahan diantaranya salah sama sekali. Cahaya Lampu HID bisa berwarna Putih, Kuning, Biru, Hijau, Pink, Jingga. Warna yang baik untuk bisa menembus kabut adalah warna Kuning.

Foto : Kiri Halogen dan Kanan HID (tanpa filamen, Gas Xenon)

HID tidak sama dengan HID LOOK
Dipasaran ada banyak sekali jenis lampu yang di label HID. Lampu halogen yang memiliki watt lebih besar dari standard dan di kaca bohlam nya di cat warna biru akan menghasilkan sinar putih yang terang dan ini yang saya sebut "HID LOOK". Jenis lampu HID seperti ini menghasilkan warna putih yang akan membuat mata menjadi silau, karena reaksi mata manusia terhadap warna putih sangat terlalu sensitif, oleh karena nya sangat tidak dianjurkan menggunakan HID Look seperti ini.

Bagaimana dengan HID Asli
Ciri Khas dari HID asli adalah terdapat sebuah Ballast/trafo yang biasanya berbentuk kotak, dan bentuk lampu yang juga beda dan tidak memiliki filamen seperti pada lampu halogen biasa. Bohlam HID mengandung GAS Xenon, yang bila dialirkan listrik sebesar kurang lebih 35.000 Volts akan memercikan cahaya yang sangat terang, dan cahaya ini yang dimanfaatkan sebagai penerangan lampu utama sebuah mobil. HID asli memiliki watt yang lebih kecil biasanya hanya 35watt, dan bohlam HID saat menyala cenderung lebih dingin ( banyak orang yang salah kaprah soal HID) jadi dengan spesifikasi seperti ini masalah aki tekor, batok rumah lampu meleleh tidak beralasan, kecuali HID Look yang memang memiliki watt tinggi dan panas juga lebih tinggi.


Keuntungan menggunakan HID
Teknologi bohlam berkembang dan maju sangat pesat, penggunaan HID yang memanfaat kan voltase tinggi dan gas xenon mampu menghasilkan tingkat cahaya yang lebih baik, tanpa mengorbankan daya listrik dan panas berlebihan. Dengan menggunakan HID daya sinar lampu akan lebih terang 4 kali lebih besar dari halogen biasa, jelas ini sangat menguntungkan bila berkendaraan di malam hari.

Dengan hilangnya filamen lampu, maka bohlam HID memiliki umur jauh lebih panjang dibanding lampu halogen, rata-rata umur bohlam HID bisa mencapai 3500jam, bandingkan dengan umur halogen biasa yang biasanya cuma 300 jam.

Akan tetapi sinar lampu HID yang sangat terang itu harus dibatasi agar tidak menyilaukan pengendara dari arah depan, dan warna cahaya lampu sebaiknya jangan terlalu putih karena akan membuat mata pengendara lain menyilaukan, karena warna putih sangat sensitif buat mata.

Pada keluaran mobil baru contoh New Vios sudah menggunakan bohlam HID, akan tetapi reflektornya sudah dirancang oleh pabrik agar tidak menyilaukan pengendara lain. Rata-rata warna cahaya lampu HID mobil keluar baru berkisar antara 4300-5500K (bisa menembus kabut dan hujan), diatas itu fungsi HID lebih dari sekedar gaya, dan resiko di tangkap polisi.

Foto: Sinar mampu menembus gelap lebih panjang dan lebar

Pemakaian HID di Charade
Banyak pro dan kontra soal lampu HID. Dan starno mau sedikit meluruskan dulu soal pemakaian HID disini. Sekali lagi disebutkan bahwa HID asli tidak sama dengan HID Look, HID asli memiliki sebuah "Ballast" atau "Trafo" yang fungsinya menaikan tegangan listrik hingga puluhan ribu volts. Tidak ada panas dan tidak ada amper yang besar buat HID asli.


Foto: Tipe HID Untuk Lampu Twin Bulat GT adalah HB3/4300K hanya untuk LOW BEAM.

Pemakaian HID juga harus mempertimbangkan warna cahaya, HID yang menjadi standard mobil keluaran baru biasanya menggunakan warna 4300K ( New Vios, New Camry ), dengan angka itu cahaya yang dihasilkan berwarna kuning dan putih, cahanya hampir mirip denan lampu halogen yang berdaya 150watt. Jangan menggunakan warna diatas 5000K kalau tidak mau di isengin polisi.

Foto : Warna cahaya bohlam HID, semakin tinggi angka warna semakin putih.

Satu lagi yang perlu diperhatikan adalah Reflektor lampu, pada jenis lampu Charade biasa, reflektor di buat atau dibikin untuk lampu halogen, reflektor jenis lampu ini biasanya membuat sinar lebih menyebar, jadi bila digunakan lampu HID asli, cenderung akan menyilaukan pengendara dari depan. Rumah lampu atau reflektor Charade standard tidak dirancang untuk penggunaan HID, cahaya cenderung menyebar dan membuat silau, kalaupun memaksa ingin menggunakan HID pilihlah warna cahaya dibawah 4300K, agar tidak menyilaukan.


Charade yang sudah mengadopsi lensa projektor seperti lampu twin GT yang seperti mobil BMW, cenderung lebih baik meneruskan sinar cahaya ke jalan, cahaya yang dihasilkan lebih fokus ke jalan dan tidak menyebar, sangat cocok digunakan lampu HID asli, tapi tetap di ingat gunakan HID dengan warna 4300K biar Bapak Polisi yang iseng tidak menangkap atau menilang.

sumber : http://starlet2e.blogspot.com/  edit by d'Janoear