Monday, November 14, 2011

Pengecekan Relay


Gbr : http://www.saft7.com
Relay adalah saklar elektronik yang dapat membuka atau menutup rangkaian dengan menggunakan kontrol dari rangkaian elektronik lain. Sebuah relay tersusun atas kumparan, pegas, saklar (terhubung pada pegas) dan 2 kontak elektronik (normally close dan normally open) 
  • Normally close (NC) : saklar terhubung dengan kontak ini saat relay tidak aktif atau dapat dikatakan saklar dalam kondisi terbuka. 
  • Normally open (NO) : saklar terhubung dengan kontak ini saat relay aktif atau dapat dikatakan saklar dalam kondisi tertutup.

Gbr : http://www.saft7.com

Gbr : http://www.saft7.com

Kita bisa memastikan bahwa relay masih dalam kondisi bagus dan berfungsi atau tidak bisa kita lakukan pengetesan agar hasilnya akurat. Untuk relay beberapa yang seringkali bermasalah adalah kontaktor aus, kumparan putus dan soket terbakar.

menganalisanya bisa dilakukan dengan memberi tegangan sumber 12 volt pada kaki 85 dan 86. Dengan adanya tegangan sumber ini maka relay akan ON dan menghubungkan terminal 30 dan 87, apabila tegangan sumber ada dan relay tidak ON, maka relay rusak, atau relay ON tetapi terminal 30 dan 87 tidk menghubung berarti relay juga rusak.


Cara sederhana untuk melakukan pengetesan kondisi relay 
Cara melakukan pengetesan menggunakan Volt Meter 
Gbr : http://batavia2008.blogspot.com

Semoga Bermanfaat 


di buat oleh : d'Janoear