Wednesday, October 12, 2011

DIY : Melakukan pemeriksaan kondisi Koil

Koil merupakan jantung dari kendaraan yang fungsi sangat fital , untuk itu sangat perlu kita melakukan pemeriksaan agar nantinya tidak mati saat di jalan . untuk pemeriksaan sistem kelistrikan bisa di baca disini


Berikut cara pemeriksaan kondisi Koil 



Harga 8 Motor - Malang oktober 2011

Gejala kerusakan koil pengapian memang relatif sukar diketahui sejak awal, karena tiba-tiba mobil mati. Meskipun begitu, ada satu ciri khusus yang agak sukar dibedakan pada kondisi mesin stasioner dan pedal gas diinjak mesin malah tersendat. Itu satu ciri-ciri koil mulai tak berfungsi. 
Namun, ada langkah selanjutnya untuk memastikan koil di mobil dengan pengapian platina sudah mulai rusak.Kabel negatif yang berada di sisi kiri/kanan koil didekatkan dengan ground atau massa. Kemudian, copot ujung kabel yang terhubung ke distributor dan lekatkan ke massa. Putar kunci kontak ke posisi on kemudian cek memakai kabel negatif yaitu dengan cara kontak-putus ke ground.Perhatikan kejadian pada ujung kabel yang menuju distributor apakah mengeluarkan percikan api. Jika ada yang keluar, tandanya koil masih bagus, tetapi perhatikan langkah selanjutnya yaitu warna percikan api.Bila kebiruan berarti koil berada dalam kondisi prima dan kemerahan itu tandanya sudah lemah dan perlu diganti. Untuk sementara, penanggulangannya bisa dikompres  kain lap yg sdh di basahi air  Namun, bila sudah panas sekali bisa membuat mobil berhenti.

by d'Janoear