Monday, September 12, 2011

Mengganti Kipas Standard


Kipas radiator mempunyai peran yang sangat penting pada sistem pendingin kendaraan , kipas radiator berfungsi mendinginkan air radiator dengan hembusan angin yg di bentuk oleh kipas . ada tipe tiup dan ada juga tipe hisap . Pada kipas radiator kendaraan classy / winner menggunakan sistem hisap udara dari depan radiator menuju ruang mesin . standar kipas classy/winner adalah 4 daun /bilah dan mengingat usia kendaraan yang sudah mulai rentan terjadi nya masalah pada sistem pendingin yang mana akan berakibat terjadinya panas yg berlebih  / overheat maka beberapa cara bisa di lakukan untuk meminimalisir masalah tersebut diantaranya dengan mengganti kipas standar dengan kipas 5 daun/bilah atau lebih . pada kesempatan kali ini saya mencoba melakukan penggantian kipas standard dengan kipas 5 daun/bilah dari toyota starlet yang mana sangat pas dan sesuai di pasang . 
berikut langkah langkah dalam penggantian kipas tersebut : 
  1. mesin dalam keadaan dingin , buka baut kupu kupu di bawah radiator untuk membuang air radiator 
  2. lepas kan selang radiator atas 
  3. lepas baut bracket kipas radiator , baut atas ada 2 yg menempel pada radiator dan 1 baut menempel pada radiator sebelah kanan selang radiator bawah ( jika menghadap Kendaraan ) 
  4. lepaskan 1 baut clamp pengikat selang ac dingin di bawah sebelah kiri aki 
  5. angkat sedikit selang dingin ac yg melintang di atas bracket kipas sampe ada ruang untuk   bracket saat diangkat ke atas 
  6. angkat perlahan bracket dan kipas radiator keatas , hati hati bracket mengenai radiator 
  7. setelah terangkat lepas baut kipas dan ganti dengan yang baru .

Jangan lupa jika ada sisa dari kertas peredam panas bisa dipasang kan di pinggiran frame bracket kipas atau bisa juga menggunakan spoon tahan panas yang bertujuan untuk memaksimalkan daya hisap kipas , karena jika tidak akan ada udara yg terhisap melalui sela sela bracket sehingga daya hisap berkurang . 

indikator temp level stabil dan akan naik sedikit jika melalui tanjakan .
Harga Kipas starlet 5 bilah : 
Denso Asli Rp.135.000
Aisin Rp.90.000
KW Rp.50.000
selain merubah kipas standard bisa juga mengganti kipas secara komplit ex copotan Denso Suzuki Karimun dengan kisaran harga Rp.375.000 dengan sedikit merubah letak / posisi baut , bisa di kerjakan oleh tukan las ongkos sekitar Rp.15.000 - 20.000 


semakin banyak jumlah daun semakin besar daya hisap dan semakin berkurang suara berisik perputaran kipas 

by Djanoear