Thursday, September 15, 2011

DIY : Melakukan Penyetelan Karburator


Saat mengendarai kendaraan kesayangan kita , seringkali terasa gas brebet / tersendat sendat terkadang terdengar suara mesin sedikit kasar , jalan endut endutan,terlalu boros bensin,asap knalpot yang terasa pedih di mata dan stasioneri mesin kurang langsam . beberapa cara bisa di lakukan untuk mengatasi masalah tersebut diantaranya dengan Over haul karburator , perawatan membersihkan karburator dan penyetelan karburator . 
Dalam kesempatan kali ini kita akan melakukan langkah langkah penyetelan karburator sendiri .
  • Hidupkan mesin sampai mencapai suhu mesin optimum yaitu saat kipas radiator menyala *Jika sistem pendingin masih menggunakan Thermoswicth , atau saat indikator temp level mencapai 1/8 atau 1/4 *jika kipas tanpa thermoswicth , kipas di langsung ke aki saat kontak on .
    • Hidupkan AC dan head lamp dengan tujuan agar idle up ac dan idle up elektrik bekerja .
      • Putar setelan baut idle up ac berlawanan jarum jam sampai baut tidak menyentuh tuas gas setelah itu matikan ac
        • Putar setelan baut idle up elektrik berlawanan jarum jam sampai baut tidak menyentuh tuas gas setelah itu matikan head lamp
        • Setelah itu mulai melakukan penyetelan idle mixture (campuran udara dan bensin). Putar baut sekrup ini ke kiri ( berlawanan jarum jam ) sampai mesin nyaris mati. Kemudian putar kembali ke kanan sampai mesin nyaris mati juga. Setelah itu putar kembali perlahan-lahan mencari RPM tertinggi. Saat itulah kita akan menemukan campuran bensin dan udara terbaik. (bisa terjadi, karena karburator sudah kotor atau lama sehingga tersumbat, atau baut sekrup ini rusak, maka sudah di putar, dicari-cari tidak ada reaksi.besar kemungkinan karburator kotor atau tersumbat sehingga harus melakukan Over Haul karburator) , beberapa juga menggunakan cara melakukan penyetelan dengan memutar baut sekrup searah jarum jam sampai mesin nyaris mati kemudian di putar balik berlawanan jarum jam 2-3 putaran ( 360 derajat ) hal ini mengandalkan feeling dan ini tidak baku karena bergantung kondisi tiap tipa kendaraan
          • Setelah menemukan campuran udara terbaik kemudian lakukan penyetelan RPM ( stasioner ) dengan cara memutar baut idle staioner searah jarum jam ( menambah ) sampai di dapat jarum RPM menunjukan angka 850 +/- 50 
          • Setelah di dapat stasioner tersebut hidupkan kembali ac dan putar baut skrup idle up ac sampai di dapat RPM 1000 , kemudian matikan ac dan posisi RPM kembali ke stasioner 
            • Selanjutnya Nyalakan lampu besar dan putar baut skrup sampai didapat RPM 1000 , kemudian matikan lampu besar dan posisi RPM kembali stasioner
            • Penyetelan karburator sudah selesai dilakukan tanpa harus membutuhkan bantuan montir atau harus ke bengkel bahkan anda bisa membantu melakukan penyetelan karburator Reka rekan yang membutuhkan bantuan .
              Langkah penyetelan ini berlaku untuk karburator yang masih dalam keadaan normal , baik termasuk selenoid elektrik valve dan vacum .termasuk juga di perhatikan posisi selang vakum sesuai standar

              by djanoear