Wednesday, March 30, 2011

Info dan estimasi Biaya Perbaikan Classy


Originally Posted by wawing View Post
Om-om semua, sekedar penasaran...
1. Kapan sekiranya mesin charade kita seharusnya / sebaiknya turun mesin?,,klu standart sech 5 taon gitu...atau 200rb km.....
indicatornya :

- olie udeh dimana2 meler termasuk diknalpot.

- temp selalu panas...
- olie selalu nambah diluar toleransi s/d10%


2. Apakah perhitungan tersebut dengan penggunaan normal, berdasar waktu (tahun) atau jarak (sekian puluh KM)?

- tahun

- km
- kondisi


3. Dari baca2, kita gak akan tahu pasti parts apa saja yg didalem mesin yg harus diperbaiki / diganti kalau gak turun mesin...bener begitu?
tergantung keadaannya:

- klu 1/2 mesin : packing, atas set, klep, seal2 ( 5 biji , yang biasa bocor, noken as, kruck as, gearbox/transmisi 3 biji )

- full turun : piston set, ring set packing set, klep, seal2 ( 5 biji )


4. Pasti seiring penggunaan ada keausan dari parts yg ada + kerak2 karbon hasil pembakaran.. Classy saya umur udah 18 taun (udah punya SIM sendiri lho), seinget saya belum pernah sampe total turun mesin..apa sebaiknya bongkar ya om?

klu mau prima sebaiknya... ....ya!

5. Kalo mbengkel, dari pengalaman sebaiknya nungguin sambil banyak tanya biar lebih ngerti apa aja yg dikerjain sambil liat langsung, sapa tau kali berikutnya brani bongkar sendiri...

lebih baek bongkar sama bengkel kenal klu bengkel besar mana mau bersihkan ntuh daki2....paling2 dikerok selesai....

Segitu dulu deh tanya2nya...
Sebelumnya trimakasih atas jawaban + reply dari rekan2 cwindo


spesifikasi HARGA :

nech klu turun full engine :
sama spt dibawah ditambah:
1. kopling set =760rb
2. piston set = 550rb
3. ring piston set = 375rb
4. packing bawah =215rb
5. borring block = 400rb
6 ongkos tambahan = 200rb
tambahannya = 2,5jt

tambahan lagi kaki2
1. sock dpn blkng = 800x2 = 1,600rb
2. CV joint 2 bh =560rb
3. ball joint 2bh = 450rb
4. rack end 2 bh = 270rb
5. tierod = 250rb
6.support dpn =200rb
7. ongkos 420rb

total = 3,5jt

ntuh biaya turun 1/2 mesin oum:
1. klep 16 biji = 400rb
2. packing top set = 300rb
3. serpis karbu + bilah katup/gobang + kit = 185rb
4. porting intake manipol = 300rb
5. timming belt + tensioner = 285rb
6. beli katup2 VTV 5biji @25rb = 125rb
7. BVSV= 100rb
8. karet selang water atas bawah = 90rb
9. selang2 water line plus T splitccer = 145rb
10. busi bosch 4 super = 110rb
11. platina kondensor = 45rb
12. saringan udara = 45rb
13. saringan bensin 20rb
14. filter olie =20rb
14. ongkos =300rb
15 olie mesin = 185rb
15. lain2, = kabel, conduit,socket2 , bensin ( buat cuci2 ), soda api, carb cleaner, =345rb

ini sekedar ilustrasi, bagaimana temen2 aplikasi sangat tergantung KR anda masing2, ini turun 1/2 mesin idela diganti....

klu winnie saya :
  • klep api =240
  • packing cycl head = 105
  • packing 2 bh manipol = 10rb
  • seal klep =100rb
  • seal noken as = 15rb
  • selang2 = 115rb
  • olie = 185rb
  • filter oli =20rb
  • ongkos = 300rb
  • boot rackend 2bh =20rb
  • lain2 , bensin ( cuci ), soda api, sikat kawat, nasi padang = 390rb
  • general total + 1,5jt


listed by om wayan - cwindo